HALO PEDIA

Definisi Lengkap Lumut Daun

https://paschip.blogspot.com/2013/07/definisi-lengkap-lumut-daun.html

loading...
Lumut daun juga disebut lumut sejati. Bentuk tubuhnya berupa tumbuhan kecil dengan bagian seperti akar (rizoid), batang dan daun. Reproduksi vegetatif dengan membentuk kuncup pada cabang-cabang batang. Kuncup akan membentuk lumut baru. 

a. Manfa'at 
lumut ini dipercaya bisa digunakan sebagai bahan obat, meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, termasuk uji klinis. Secara tradisional lumut dari marga Usnea dipakai untuk obat diare atau sakit perut dengan cara direbus.. Sementara dari marga lumut spagnum dikenal sebagai obat penyakit kulit dan mata.
















b. ciri-ciri yang dimilik lumut daun yaitu: 
fase dominannya adalah fase gametofit 
Akarnya belum berupa akar, masih berupa rhizoid 
reproduksi vegetatif dengan spora, generatif dengan arkegonium yang menghasilkan ovum dan anteridium yang menghasilkan sperm. 
Mempunyai struktur spt akar (rizoid) dan struktur spt daun. 
Sporofit pd umumnya lebih kecil, berumur pendek, dan hidup tergantung pada gametofit. 

tubuhnya mempunyai struktur yg mirip batang, daun, dan akar, ttpi tdk mempunyai sel/jaringan dan fungsi spt pada tumbuhan tingkat tinggi 
gametofit dibedakan dgn 2 tingkatan, yaitu protonema yg berbntk benang dan gametofora yg berupa tumbuhan lumut  sporofitnya terdiri dari bagian seta, apofiksis, kapsul, gigi peristom, dan kaliptra spora terdiri 2 lapisan, yaitu endospora dan eksospora, habitatnya pada tempat lembab

Support by: Informasi Gadget Terbaru - Dewa Chord Gitar | Lirik Lagu - Kebyar Info
Copyright © 2014 HALO PEDIA Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved